Jakarta, CNBC Indonesia – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) meresmikan Kantor Perwakilan LPS II yang berlokasi di Surabaya pada Kamis, (30/5/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa pemilihan Surabaya sebagai lokasi kantor perwakilan LPS didasari oleh pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi di kota ini.

Pasalnya, Jawa Timur merupakan pusat ekonomi dengan kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 14,45% terhadap PDB Indonesia pada Triwulan I-2024, dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mencapai 4,81% YoY pada periode yang sama.

Diketahui, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan di Jawa Timur mencapai Rp755,61 triliun per April 2024, atau 8,73% dari total DPK nasional, dengan pertumbuhan 8,05% YoY.

Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, dalam sambutannya menyatakan bahwa peresmian ini merupakan hari bersejarah bagi Jawa Timur. Ia pun menekankan pentingnya peran LPS dalam menjaga stabilitas sistem perbankan

“LPS kini bisa lebih dekat melayani wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” ujar Adhy, dikutip dari keterangan resmi.

LPS menunjuk Bambang S. Hidayat sebagai Kepala Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, yang beralamat di Pakuwon Tower Lantai 27, Jalan Embong Malang No. 21-31, Kedung Doro, Kecamatan Tegalsari.

Wilayah kerja kantor perwakilan ini mencakup Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan seluruh Provinsi Kalimantan.

Selain Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, pada tahun ini LPS juga telah membuka kantor perwakilan di Medan (Kantor Perwakilan LPS I) dan Makassar (Kantor Perwakilan LPS III).

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


LPS Kembali Tahan Tingkat Bunga Penjaminan 4,25%


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *